Friday, April 12, 2019

Contoh RESENSI NOVEL (contoh Resensi Novel) Senior, Mozachiko, Mariposa, After School Club

Sahabat BERBAGI ILMU, kali ini kami akan berbagi artikel tentang resensi beberapa novel, RESENSI NOVEL ini di susun oleh penulis dengan membaca satu persatu novel tersebut, dan semoga bermanfaat bagi anda .........


RESENSI NOVEL SENIOR



Judul Resensi : Resensi Novel “ Senior”
Identitas Buku
Judul               : Senior
Jenis                : Novel Fiksi Indonesia
Penulis             : Eko Ivano Winata
Penerbit           : Pastel Book - PT.Mizan Pustaka
Tahun terbit     : 2018
ISBN               : 978-602-6716-22-4
Tebal halaman : 320 halaman

Pendahuluan
Tentang Pengarang
Eko Ivano Winata lahir di Bekasi pada 28 Juni 1996,  Eko Ivano Winata merupakan penulis muda dengan talenta yang cukup luar biasa, sudah banyak novel hasil karyanya dan terjual dengan reting yang cukup bagus, beberapa hasil karyanya diantaranya adalah Gustira, Athlas, Insetabel dan Senior.
Eko Ivabo Winata sendiri mempopulerkan buku-bukunya dengan cirikhas tersendiri, salah satunya adalah penyematan istilah “kata Kokoh”, istilah Kata Kokoh sendiri merupakan salah satu akun Wattpad milik Eko Ivano Winata, dan salah satu hasil karya Eko Ivano Winata yang terlebih dahulu tenar di Watt-pad adalah novel yang berjudul “Senior”.

Tujuan Penulisan
Novel Senior ini dibuat oleh penulis pada bulan puasa, penulis menulis kisah ini disela-sela menunggu waktu berbuka puasa dan saat setelah sahur, dan seri awalnya sebelum berjudul Senior’s adalah “Brothership.”
Novel Senior ini merupakan pengembangan dan revisi pada novel yang berjudul Brothership yang sama-sama dipublikasikan oleh penulis pertama kali melalui watt-pad, novel senior merupakan revisi atas novel terdahulunya yang berjudul brothersip, perbuhannya meliputi perubahan alur cerita dan temanya, dan Serial Senior’s di Wattpad telah dibaca lebih dari 17 juta kali dalam waktu singkat, dan beragam tanggapan positif yang memuji atas novel ini cukup banyak dan beberapa bahkan ditampilkan pada cover belakang novel, dan kesuksesan novel “Senior’s” di watt-pad dibuktikan dengan masuknya novel “Senio’s” ke dalam Top Rank Teen Fiction di Wattpad, Selain di Watt-pad novel “Senior’s” pun sukses pada penjualan buku cetak, dan di watt-pad trilogy buku karya Eko Ivano Winata di watt-pad buku kedua berjudul Inestable (telah dibaca 8 juta kali) dan buku ketiga berjudul Athlas (telah dibaca 13 juta kali)

Isi Resensi
SMA Sevit adalah sebuah SMA di kota Bandung, masuk ke SMA SEVIT menjadi impian dari banyak siswa di Bandung, dalam benak banyak orang sekolah di SMA SEVIT sangatlah menyenangkan, namun tidak demikian dengan Aluna, dalan diri ALuna sekolah di SEVIT merupakan suatu penderiataan tersendiri, bagaimana tidak di hari pertama masuk sekolah pada ,asa Orientasi senior yang merupakan kakak-kakak kelas di SMA SEVIT sudah menunjukan taringnya.

Dihari pertama Aluna sudah mendapatkan hukuman dari Senior sekolah SEVIT karena Aluna bertabrakan dengan ketua OSIS saat aluna tergesa-gesa karena terlambat, dan mau tidak mau Alunapun harus menerima hukuman 6 kali keliling lapangan, dan disinilah awalmula munculnya kebencian Aluna terhadap Senior SEVIT, terlebih ketua OSIS nya yang bernama Nakula, Nakula sendiri merupakan seorang siswa senior di SMA SEVIT dan kebetulan nakula menjadi ketua OSIS, Nakula merupakan seorang siswa yang cerdas namun pendiam, dengan wajah yang lumayan serta kecerdasannya Nakula banyak disukai oleh siswi-siswi sekolah SMA SEVIT.

Dan Seiring waktu Aluna semakin mengenal Nakula, bahkan aluna satu-satunya orang yang mengetahui sisi gelap dari Nakula, yang membuat aluna berfikir apakah dia harus membantu Nakula atau memaklumi atas kekurangan dari Nakula tersebut.

Dan dari hari kehari antara Aluna dan Nakula semkin terjalin hubungan yang akrab, komunikasi selalu terjalin dan banyak kisah indah yang mereka laluai bersama, Aluna sendiri berperan pada perbaikan hubungan antara Nakula dan ayahnya yang sempat terputus akibat dari kesalah fahaman, Aluna telah berperan banyak dalam perubahan hidup dan sifat Nakula, dan pada akhir kisah Aluna dan Nakula menjalin hubungan, namun hubungan cinta meraka terpaksa dilakukan berjauhan atau LDR (Long Distance Relationship) karena Nakula harus menjada Ayah dan adiknya yang sakit.

Kelebihan
Kelebihan novel ini diantaranya adalah:
1.      Novel ini dikemas dengan bahasa yang ringan dan keninian, cocok dengan bahasa keseharian anak-anak remaja jaman sekarang.
2.      Novel ini sangat menarik untuk dibaca dan bahkan sulit untuk menghentikan membaca novel ini di tengah-tengah cerita, setiap alurnya nyaris bersatu dengan halus sehingga perpindahan cerita tidak terlalu terasa berjauhan yang mengakibatkan novel ini menjadi nyaman dibaca karena seperti tidak ada jeda.

Kekurangan
Kekurangan dari novel ini adalah di akhir ceritanya yang terasa masih menggantung, di akhir cerita hanya diceritakan antara Aluna dan Nakula akhirnya berpacaran , namun terasa masih sedikit janggal dan kurang mengena di hati, dan pada akhir cerita nakula mengingat surat yang merupakan surat cinta yang menjadi tugas peserta MOS kepada senior OSIS.

Penutup
Novel ini layak dibaca terlebih lagi jumlah pembaca novel ini telah sangat banyak, novel yang mengangkat tema remaja ini cukup menghibur dan dapat menjadikan warna baru bagi para penikmat novel di Indonesia.


RESENSI NOVEL MOZACHIKO




Judul Resensi : Resensi Novel “ Mozachiko”
Identitas Buku
Judul               : Mozachiko
Jenis                : Novel Fiksi Indonesia
Penulis             : Poppi Pertiwi
Penerbit           : Loveable
Tahun terbit     : 2019 (cetakan ke empat)
ISBN               : 978-602-5406-74-4
Tebal halaman : 352 halaman

Pendahuluan
Tentang Pengarang
Poppi Pertiwi yang bernama asli Ni Wayan Poppi Pertiwi seorang penulis asal Bali, yang  lahir di Denpasar 15 April 2000, Poppi merupakan lulusan dari SMK Teknologi Informasi dan Komunikasi Bali Global jurusan Multimedia.

Poppi memulai debutnya sebagai novelis dengan menulis novel pertamanya pada tahun 2018 yang berjudul Galaksi, novel ini laris dipasaran dan selanjutnya novel berjudul Mozachiko yang terbit di tahun yang sama.

Psada bulan November 2018 novel Mozachiko sudah masuk pada cetakan ke dua, dan pada awal tahun 2019 novel mozachiko masuk pada cetakan ke empat, ini menunjukan bahwa novel karya Poppi ini laku dipasaran, dan bahkan novel berjudul Mozachikopun sedang dalam proses wacana di filmkan.

Karya-karya lain dari novel besutan Poppi diantaranya: Galaksi, Mozachiko, Septihan, Geraldmarsya, dan harmoni.

Tujuan Penulisan
Novel Mozachiko merupakan novel remaja dengan latar kehidupan siswa SMA, novel ini mengajak kita berhistori ria dan mengenal kehidupan dimasa-masa SMA, dari keseluruhan novel ini bisa kita sedikit cerna bahwa tujuan penulis menulis nofel ini adalah untuk memperkenalkan dunia SMA dari sudutpandang penulis, masa SMA yang penuh dengan cerita indah namun dibubui dengan konflik-konflik yang manis dan saying untuk dilewatkan.

Dari novel ini kita diajak menelusuri kehidupan seorang Chiko Gadangga yang merupakan siswa yang penuh dengan sederet masalah disekolahnya.Chiko Gandagga menjadi sorotan negative di sekolahnya, ikon murid bermasalah melakat pada diri Chiko Gandagga.

Isi Resensi
Chiko Gandagga adalah seorang murid SMA rajawali yang terkenal dengan sifat kerarnya, sederat catatan masalahnya di sekolah SMA Rajawali menjadikan Chiko Gandagga di cap sebagai murid paling bermasalah.

Di SMA Rajawali Chiko Mengenal Moza adik kelas Chiko di SMA Rajawali, yang kedepannya keakraban mereka mulai mengubah jalan cerita kehidupan Chiko, awalmula perkenalan mereka adalah saat Chiko memergoki Moza dipaksa pulang bareng oleh Jaka, Chiko saat itu membantu Moza untuk menolak ajakan Jaka, karena Chiko melihat Moza tidak nyaman dengan perlakuan Jaka.

Moza sendiri merupakan anak yang memiliki masalah yang di pendam, kehidupan pribadinya cukup menyita lara, Moza memiliki ibu tiri dan seorang saudara Tiri yang bernama Nency, Nency dan ibunya selalu mengintimidasi Moza dibelakang ayah Moza, Ketika Nency diberikan hukuman berupa pemotongan uang saku oleh ayah Moza karena Nency menghabiskan isi kartu kredit hingga over limite Nency memanfaatkan posisi Moza dengan cara mengambil uang jajan Moza untuk dipergunakan oleh Nency, sehingga acapkali Moza menahan lapar dan menolak saat diajak oleh Chiko untuk makan bareng dengan alasan tidak bawa uang.

Necy yang merupakan saudara tiri Moza juga bersekolah di SMA Rajawali, Nency juga menaruh hati kepada Chiko, bahkan Nency kerap kali meminta Chiko untuk menemaninya jalan-jalan, dan secara tidak langsung ini adalah salah satu sumber konflik dalam novel ini.

Kisah cinta antara Chiko dan Moza penuh dengan liku, ditengah-tengah kedekatan antara Chiko dan Moza hadir sosok Draco yang mengganggu hubungan mereka, dan pada pertengahan cerita yang dikarenakan sebuah kesahafahaman Moza memilih Draco untuk dijadikan pacarnya, walau sebenarnya hati kecilnya tetap terkait pada Chiko.

Chiko terguncang dan galau saat Moza dan Draco berpacaran, hubungan antara Moza dan Dracopun diketahui oleh seluruh siswa Rajawali, dan ini membuat Chiko menjadi frustasi, dan di ujung cerita terjadi konflik antara Moza dan Danil, Danil adalah seorang mafia dan menjadi penyebab Moza terluka, hingga akhirnya Chiko pun membalas perbuatan Danil dengan mengobrak abrik markas Danil dan menghajar Danil juga melaporkan segala perbuatan Danil ke Polisi.

Di penghujung cerita Moza yang masih terluka bertemu Chiko dan akhirnya merekapun menjalin hubungan, dan diakhir cerita diceritakan pula Nency yang putus dengan Ergo, Ergo memutuskan hubungan dengan Nency karena sebenarnya Ergo masih suka sama Zetta sehingga Ergo memutuskan untuk menyudahi hubungannya dengan Nency.

Kelebihan
Kelebihan dari novel ini adalah alur yang baik dari setiap sesi, kisah perjalanan Chiko yang keras membuat jantung pembaca terpacu kencang, dan konflik-klonflik yang di sisipkan dari setiap cerita membuat pembaca semakin penasaran.

Kekurangan
Kekurangan dari novel ini adalah dari sisi latar yang terkesan kurang detail, dan ada bagian cerita yang kurang layak di dengar oleh seorang pelajar, karena di khawatirkan apa yang dilakukan oleh seorang tokoh utama bisa ditiru oleh pembacanya, contohnya saat Chiko mabuk-mabukan ketika chiko kecewa saat mengetahui Moza dan Draco berpacaran, prilaku Chiko sebaagai tokoh utama meminum minuman keras dirasa sangat wajar dalam novel ini namun di khawatirkan bagi pembaca yang masih belum memiliki kedewasaan pola berfikir bisa beranggapan bahwa dengan minum minuman keras dapat menjadi solusi dari masalah yang dihadapinya.

Penutup
Secara keseluruhan novel ini sangat bagus dan sangat layak dibaca, alur cerita yang baik dan konflik-konflik yang seolah tidak pernah putus menjadikan novel ini seru untuk dibaca.


RESENSI NOVEL MARIPOSA



Judul Resensi             : Resensi Novel “ MARIPOSA”
Identitas Buku
Judul                           : Mariposa
Jenis                            : Novel Fiksi Indonesia
Penulis                         : Luluk Hidayatul Fajriyah
Penerbit                       : Coconut Books
Pendistribusian            : PT.Bumi Semesta Media
Tahun terbit                 : 2018
ISBN                           : 978-602-5508-61-5
Tebal halaman             : 482 halaman

Pendahuluan
Tentang Pengarang
Luluk H.F, Lahir pada 14 Juni 1995, seorang novelis muda yang merupakan Maha Siswi di Universitas Muhammadyah Malang jurusan Fakultas Ekonomi Bisnis, seorang penulis muda, masih mahasiswi. Ia mencuri perhatian pembaca. Hidayatul Fajriyah dengan nama pena Luluk HF, mencuat di antara karya-karya asing di Wattpad. Berawal dari keisengannya menjajal aplikasi Wattpad, Luluk HF kini menjadi seorang penulis lokal merebut hati pembaca nasional.

Luluk H.F yang gemar menulis sejak kelas X SMA ini karya-Karyanya, Delov, Devilenlovqer, EL dan Mariposa, sudah bisa dibaca di Wattpad. Dia memiliki 165 ribu followers setia yang selalu menantikan tulisan-tulisannya di Wattpad, dan beberapa Novelnyapun dijdikan flm oleh sebuah urmah produksi di Indonesia.

Tujuan Penulisan
Pada awal muncul di wattpad novel Mariposa ini merupakan cerita bersambung, cerita yang runut namun dibuat bersambung ini menjadikan para pembaca di watt-pad menjadi semakin penasaran pada kelanjutan kisahnya, dan setelah Luluk H.F sebagai penulis menyetujui kontrak dengan penerbit maka novel yang awalnya hanya di bagikan lewat watt-pad inipun di bukukan.

Novel Mariposa memiliki cerita yang sedikit berbeda dari novel-novel bergendre anak muda lainnya, pad novel ini digambarkan kisah perjuangan wanita muda yang aktif dan energik mengejar cinta dari seorang pria yang pendiam dan cendrung pasif.

Isi Resensi
Novel ini berkisah tentang Acha, memiliki nama panjang Natasha Kay Loovi. Gadis ajaib berparas cantik seperti bidadari, dan juga kisah tentang Iqbal, Iqbal adalah sosok laki-laki yang tampan, pendiam dan juga pintar, dan keduanya bersekolah di SMA Arwana.

Pada novel Mariposa ini diceritakan bagaimana perjuangan Acha yang berusaha mendapatkan cinta Iqbal, yang ternyata Iqbal belum pernah dekat dengan perempuan manapun sebelumnya, Iqbal laki-laki yang banyak disukai oleh wanita di SMA Arwana, dan terkenal sebagai seorang juara Olimpiade Kimia Nasional, namun sikap Iqbal yang dingin membuat para wanita sulit mendekati dan mendapatkan hati Iqbal.

Sifat Iqbal dan Acha yang saling bertentangan membuat keduanya sulit selaras pada awalnya, Acha seorang wanita yang terkesan urakan berusaha keras untuk mendekati Iqbal yang pendiam dan terkenal karena ketampanan dan kecerdasannya dan sebagian teman-teman wanita Iqbal menyebut Iqbal “Pria berhati batu”.

Acha sendiri walaupun sifat dan sikapnya terkesan urakan namun banyak juga disukai oleh para pria di sekolahnya, seperti Juna misalnya yang menykai Acha sejak lama, namun entah kenaa hati Acha sejak melihat Iqbal tidak dapat merasakan perasaan apapun ke laki-laki lain selain Iqbal.

Sikap Iqbal yang selalu ketus dan dingin kepada Acha saat Acha berusaha mendekati Iqbal tidak membuat Acha berhenti untuk berusaha mendekati Iqbal, dalam fikiran Acha selama Iqbal tidak berubah menjadi sapi terbang Acha akan terus memperjuangan Iqbal, gadis yang memiliki hobi dengan warna hitam putih seperti warna pada pola tubuh sapi ini berusaha keras untuk mendekatkan dirinya dengan Iqbal hingga pada satu peristiwa memaksa Iqbal untuk dekat dengan Acha.

Perjuangan Acha akhirnya tidak sia-sia, dengan berbagai usaha dan dengan situasi yang akhirnya mendukung kearah Acha membuat Acha dan Iqbal akhirnya menjadi akrab dan seiring keakraban mereka Acha dan Iqbalpun akhirnya berpacaran.

Lika liku kisah cinta merekapun penuh dengan warna, Acha yang heboh dan sering over perhatian kepada Iqbal sering kali di kecewakan oleh sikap Iqbal yang tetap saja dingin, kejadian yang besar acap kali dianggap sepele oleh Iqbal, seperti kejadian Iqbal lupa menghadiri acara ulang tahun Acha hingga Iqbal yang lepas perhatian kepada Acha, namun itulah roamntika cinta semasa di SMA, pada akhirnya konflik di ujung cerita ini muncul pada acara malam perpisahan, Acha dan Juna disematkan sebagai raja dan ratu Malam Perpisahan sedikit membuat Iqbal cemburu, karena Iqbal tau sudah lama Juna mengejar-ngejar Acha.

Kelebihan
Karya novelnya tidak berat dengan gaya sederhana. Genrenya juga ringan dan enak dibaca, novel yang cukup panjang ini menjdi terasa singkat di baca karena di sela-sela cerita muncul cerita-cerita lucu dan cukup menggelitik, novel romantis yang berbalut komedi ini cocok dibaca oleh remaja jaman sekarang, karena dikalangan remaja cerita-cerita seperti ini cukup disukai.


Kekurangan
Novel ini lebih menonjolkan konflik daripada karakter tokoh dalam novel, pada satu sisi dengan sistem ini novel menjadi menarik untuk dibaca, namun pada sisi lain pembaca kurang mendapakan informasi lebih tentang karakter dari tokoh-tokoh yang ada dalam novel ini.

Penutup
Untuk menutup resensi novel ini mungkin kata ini penulis anggap paling cocok dalam menggambarkan novel ini:
Untuk mencintai kamu, aku hanya butuh waktu satu detik.
Untuk mendapatkan cinta kamu? Aku butuh berapa juta detik?



RESENSI NOVEL AFTER SCHOOL CLUB


Judul Resensi             : Resensi Novel “ After School Club”
Identitas Buku
Judul                           : After School Club
Jenis                            : Novel Fiksi Indonesia
Penulis                         : Orizuka
Penerbit                       : Bentang Belia (PT. Bentang Pustaka)
Tahun terbit                 : 2012
ISBN                           : 978-602-9397-40-6
Tebal halaman             : 240 halaman

Pendahuluan
Tentang Pengarang
Orizuka, Lahir di Pelambang pada 14 September 1986, Orizuka telah menulis 25 buku novel yang hampir seluruhnya laris manis di pasaran, Satu di antaranya yaitu Summer Breeze yang telah diangkat ke layar lebar pada tahun 2008.

Orizuka lahir dan tumbuh di keluarga yang gemar membaca, hal ini secara tidak langsung membentuk pribadi Orizuka, sebelum hasil karyanya laris sepereti saat ini karya-karya novel Orizuka sebelumnya sering mendapatkan penolakan dari penerbit, namun Orizuka selalu berusaha untuk berfikir positif akan segala hal yang ada disekitarnya.

Kesuksesan dari novelnya Summer Breeze, yang diangkat ke layar perak mendorong Orizuka yang merupakan lulusan UGM ini untuk terus menggunakan nama penanya, banyak sekali penggemar karya-karya Orizuka, dan para penggemar pembaca karya-karya Orizuka menamakan diri mereka readerizuka.

Orizuka beranggapan bahwa menulis adalah passionnya, sehingga dai konsentrasi dalam menekuni bisang ini, walaupun sempat bekerja, namun pada akhirnya menulis merupakan pilihan dari profesinya dan juga passionnya.

Tujuan Penulisan
Novel Afterschool sebenarnya sudah mulai di tulis oleh Orizuka sejak Orizuka masih kuliah di tingkat 2 atau tepatnya pada tahun 2006, pada novel ini Orizuka mengangkat tema-tema ringan dengan suasana ceria, karena Orizuka melihat teenlit sudah jarang terlihat di rak took-toko buku maka waktu itu Orizuka memutuskan untuk menyuguhkan bacaan yang ringan untuk para remaja dan munculah novel “After School Club” ini.

Penulisan novel After School Club membuktikan eksistensi dari Orizuka bahwa cara paandang dan teknik menulis novel bisa dilakukan dengan berbagai pola, mengangkat tema remaja dengan berbagai konfil didalamnya menjadikan novel ini menarik dan menyuguhkan warna tersendiri dari novel-novel remaja yang sudah ada.

Menurut kami sebagai peresensi novel, novel “After School Club” ini bertujuan guna memberikan gambaran kehidupan remaja jaman sekarang, walau cerita ini adalah cerita fiksi namun cerita ini cukup membawa pembacanya hanyut kedalam alur cerita yang membuat seolah-olah semua itu nyata.

Isi Resensi
Tokoh utama dalam novel ini adalah Putra yang merupakan siswa kelas X SMA, Putra merupakan anak seorang pengusaha yang sukses, dan kehidupan putra layaknya anak-anak orang berada lainnya yang terkesan monoton dan tidak penuh dengan warna, namun semua berubah setelah putra di giring masuk ke kelas After School sebagai imbas dari nilai mata pelajaran fisikanya yang anjlok, kelas after school sendiri adalah kelas yang dibentuk di luar jam normal sekolah, kelas ini bertujuan sebagai kelas untuk siswa yang mengulang kembali pelajaran-pelajaran yang nilainya kurang.

Wajah Putra yang tampan dan anak dari pengusaha sukses membuat Putra menjadi salah satu siswa yang banyak dikenal disekolahnya, di sekolahnya sendiri putra dikenal dengan julukan pangeran, yang menggambarkan putra sebagai anak idola masa kini, dan menjadi incaran gadis-gadis di sekolahnya termasuk Rachel yang merupakan anak dari pemilik yayasan, Rachel yang selalu menunjukan perhatian lebihnya kepada Putra menjadi salah satu gadis yang dianggap paling berani dalam usahanya mengejar dan mendapatkan hati putra
.
Kelas After School merupakan kelas yang isinya siswa-siswa yang nilainya dibawah standar, pada hari pertama Putra mengikuti kelas ini Putra nyaris menyerah dan berniat kabur pulang kerumah, namun karena usaha kaburnya di pergoki Pak Romli yang merupakan wali kelas.

Kelas After school dengan anggota kelas yang menamakan diri mereka “After School Club” terasa bagai neraka bagi Putra, tingkah laku anak-anak kelasnya yang aneh dan kadang nyeleneh membuat Putra semakin tertekan pada awal-awal masuk kelas afterschool ini, namun seiring waktu akhirnya putra merasa nyaman dan betah di kelas after school, terlebih lagi sang ketua kelas yang bernama Cleo telah mencuri hati Putra.

Keberadaan tokoh sikembar Mario dan Ruby menjadikan warna tersendiri di kelas after school, lambat laun putra menjadi nyaman dan menyesuaikan diri dengan segala prilaku teman-temannya di kelas after school ini, dan tidak terasa Putra dan Cleopun semakin hari semakin dekat dan pada akhirnya saling bertali hati.

Kelebihan
Kelebihan buku novel after school ini diantaranya adalah, cara penyajian alur yang cukup menarik sehingga nyaman dan menyenangkan untuk dibaca secara berkelanjutan, latar cerita yang menggambarkan suasana lingkungan SMA membuat pembaca lebih antusias karena masa-masa SMA memang merupakan masa-masa yang paling sulit dilupakan dalam perjalanan hidup seseorang.

Kekurangan
Kekurangan dari novel ini adalah sosok Cleo yang terkesan kurang memiliki sopan santun, padahal Cleo ini seorang wanita, namun itulah mungkin sisi lain yang hendak diangkat oleh penulis, sisi berbeda dalam sebuah cerita.

Penutup
Novel “after School club” layak dibaca oleh para remaja, dan sebagai penikmat novel saya berharap agar dikemudian hari muncul pula Orizuka-Orizuka baru di generasi selanjutnya, kehidupan penulispun (Orizuka) cukup menginspirasi bagi pembaca, ditambah dengan latar belakan pendidikan yang cukup baik (Lulusan UGM) menjadikan novel ini lebih memiliki makna dari sisi isi maupun latar pembuatannya.

5 comments:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete
  2. Tolong dong novel bukan dylan

    ReplyDelete
  3. terima kasih ulasannya, sangat membantu tugas sekolah.

    ReplyDelete

CONTOH SURAT PERJANJIAN KONTRAK KERJA LENGKAP DENGAN PASALNYA

Sahabat BERBAGI ILMU berikut saya sampaikan CONTOH SURAT PERJANJIAN KONTRAK KERJA LENGKAP DENGAN PASAL-PASALNYA , semoga bermanfaat .........